Saturday, January 21, 2012

Keindahan Goa Seplawan Purworejo


 

Purworejo, sebuah kabupaten yang terletak Provinsi Jawa Tengah menyimpan objek wisata yang potensial. Goa Seplawan, goa ini terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing dan letaknya sekitar 40 km sebelah timur dari pusat Kota Purworejo. Dari Purworejo ambil ke arah Kecamatan Kaligesing melalui Cangkrep, Brenggong, Plipir, Kaliharjo, Kaligono, Donorejo. Jika anda dari Yogyakarta, anda bisa melalui Kenteng Nanggulan menuju arah Jonggrangan jatimulyo, Tlogoguwo, Donorejo.


Saat anda pertama masuk di area gua, anda akan disambut dengan patung Siwa dan Parwati. Setelah itu anda akan menemukan arca lingga dan yoni yang terletak disamping mulut goa. Arca lingga dan yoni itu menyerupai alu dan lesung yang menggambarkan laki-laki dan perempuan.
 
Saat pertama kali memasuki goa, "woww..." mungkin itulah kata yang pertama akan ada ucapkan. Karena saat anda memasuki goa ini, anda langsung disambut dengan stalakmit dan stalaktit. Selain itu, setelah anda masuk beberapa meter masuk ke gua anda akan menemui sungai. Air dalam goa tersebut sangat jernih. Namun anda harus hati-hati jika masuk lebih dalam goa, karena lantai goa ini sangat licin karena lumpur. Selain licin ada bagian lantai goa yang permukaannya kasar yang akan membuat telapak kaki anda sakit jika anda masuk ke goa denan kaki telanjang.

Terakhir, untuk keseluruan goa ini memang sangat menawan dengan stalakmit, stalaktit, dan sungai bawah tanahnya, seakan membuat anda tidak ingin sedetikpun kehilangan momen ketika di dalam goa. Ditambah fasilitas yang sudah memadai, seperti kamar mandi, mushola, tangga bantu dan lampu penerangan dalam goa. Walaupun terdapat beberapa lampu yang mati tapi itu membuat adrenalin ada meninkat.

Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak foto-foto yang telah saya abadikan di dalam goa berikut ini.





No comments:

Post a Comment